Kamis, 02 April 2015

Yuk Cicipi Mie Titi, Ifu Mie Dari Makassar

Menikmati aneka olahan kuliner khas Makassar menjadi salah satu tujuan saat Anda berada di Kota Makassar. Jika bosan menikmati coto Makassar, es pisang ijo hingga palu basa, maka cobalah mencicipi mie titi. Ifu mie dari Kota Angin Mamiri.

Mie titi memang terlihat mirip dengan ifu mie. Namun yang membedakan adalah ukuran mie yang digunakan oleh kuliner khas Makassar ini. Mie yang digunakan untuk pembuatan kuliner ini lebih keci dibandingkan mie yang digunakan untuk ifu mie.

Ada salah satu tempat makan yang menjual kuliner ini dan begitu terkenal di Makassar. Yaitu tempat makan yang ada di Jalan Irian. Olahan mie di tempat makan ini terasa begitu lezat. Siraman kuah kentalnya pun begitu gurih.

Mie ini memang penyajiannya mirip seperti ifu mie. Yaitu mie yang digoreng kering dan disiram dengan kuah kental seperti capcay. Untuk isian kuahnya sendiri cukup beragam. Seperti aneka seafood, bakso dan juga sayuran. Kuah kentalnya yang panas berpadu dengan kriuk garingnya mie.

Olahan mie ini sendiri tidak lepas dari warga Tionghoa bernama Angko Tjao. Ia adalah ayah dari pemilik dari tempat makan tersebut. Kata titi sendiri berasal dari bahasa Tionghoa yang berarti adik laki-laki.

Soal rasa, tak perlu ditanyakan. Meski hanya seporsi mie kering dan siraman kuah kental saja. Namun rasa dari kuliner ini tetap lezat. Jika ingin pedas, Anda bisa menambahkan sambal pada kuah kental tersebut.

Tempat makan ini selalu buka setiap harinya sejak pukul 10 pagi hingga pukul 2 dini hari. Soal harga, kuliner khas Makassar ini dibanderol dengan harga cukup murah. Yaitu hanya 17 ribu Rupiah saja per porsinya. Jadi, ke Makassar? Belum sah jika belum mencicipi mie titi Jalan Irian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar