Selasa, 20 Januari 2015

Cicipi Lezatnya Toraja Sop Ubi, Salah Satu Kuliner Khas Makassar


Berwisata ke suatu tempat, rasanya kurang jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Tak terkecuali saat Anda berwisata ke Makassar. Makassar tak hanya identik dengan coto Makassar atau es pisang ijo-nya saja. Namun ada salah satu kuliner khas Makassar yang tak kalah lezat. Yaitu Toraja Sop Ubi.

Kuliner khas Makassar ini adalah olahan makanan yang diadopsi oleh masyarakat Tana Toraja yaitu Sop Ubi. Karenanya, dinamakan Toraja Sop Ubi. Ada yang membedakan antara Sop Ubi asli Makassar dengan Sop Ubi yang diadopsi oleh masyarakat Toraja. Namun, rasa keduanya tidaklah berbeda. Sama-sama lezatnya.

Sop Ubi yang dimaksud bukanlah menggunakan ubi manis yang biasa Anda makan. Namun ubi yang digunakan oleh masyarakat Makassar dalam olahan ini yaitu ubi kayu atau singkong. Isi dari Sop Ubi dari Toraja ini yaitu singkong goreng, daging ayam kampung atau sapi, kacang tanah, mie bihun, laksa serta daun seledri. Yang disiram dengan kuah sop dari kuah kaldo ayam atau sapi. Sehingga citarasa gurih lebih terasa.

Yang membedakan dari versi asli Sop Ubi Makassar adalah laksa yang digunakan oleh masyarakat Toraja. Salah satu tempat makan yang menyajikan Sop Ubi dengan citarasa yang lezat adalah Sop Ubi Adolf Fina atau yang lebih dikenal dengan Sop Ubi Ma’uni.


Warung makan ini terletak di Jalan Enrekang. Atau tak jauh dari Masjid Agung di Toraja Utara. Dahulunya, warung makan ini berdiri di depan Masjid Agung. Namun kini, warung ini pindah agak bergeser tak jauh dari Masjid ini.

Soal rasa, tak perlu khawatir. Karena telah banyak yang membuktikan bahwa rasa dari Sop Ubi Ma’uni ini cukup lezat. Setiap harinya, warung ini sanggup menghabiskan 40 hingga 50 mangkuk. Keuntungan yang diperoleh pun bisa hingga mencapai 400 ribu Rupiah per harinya.

Untuk mencicipi kuliner khas Makassar ini, Anda bisa datang ke perkampungan Muslim di Jalan Enrekang. Hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar 12 ribu Rupiah, maka Anda telah bisa menikmati semangkuk Toraja Sop Ubi yang lezat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar