Rabu, 21 Januari 2015

Ke Makassar, Jangan Lupa Cicipi 8 Kuliner Khas Makassar Ini

Mie Titi

Kota Makassar tak hanya menghadirkan aneka tempat-tempat menarik untuk dikunjungi saja. Namun, banyak yang datang ke Makassar hanya untuk berwisata kuliner. Memang banyak yang membuktikan bahwa kuliner khas Makassar cukup lezat dan nikmat.

Jika Anda kebetulan tengah atau akan berlibur ke kota ini. Maka Anda harus mencicipi beberapa kuliner khas Makassar yang terkenal enak ini. Berikut adalah daftar 8 kuliner yang wajib Anda cicipi saat ada di Kota Makassar.

1.    Mie Titi

Agenda wisata kuliner yang pertama adalah mencicipi Mie Titi. Mie Titi adalah mie kering khas Makassar yang disiram dengan kuah kental. Mie yang digunakan adalah mie ukuran kecil atau lebih kecil dari ukuran mie lainnya. Sajian mie ini mirip dengan ifumie. Tentunya yang membedakan adalah jenis mie yang digunakan. Topping yang digunakan pada siraman kuah kental mie ini yaitu irisan ayam, udang, cumi, jamur serta hati. Tak ketinggalan juga sayuran seperti caisim.

2.    Pallu Basa

Kuliner ini juga wajib Anda cicipi saat ke Makassar. Hidangan dengan kuah berbumbu pekat namun tetap terasa segar berkat perasan jeruk nipisnya. Isi dari hidangan ini yaitu potongan daging sapi serta jeroan. Rasanya sungguh kaya akan rempah.

3.    Pallu Kaloa

Kuliner ini adalah sup dari kepala ikan khas Makassar. Yang membedakan sup ini dengan sup lainnya adalah bumbu yang digunakan oleh sup ini. Sungguh terasa rempahnya. Terlebih lagi penggunaan kaloa yang merupakan rempah khas Sulawesi Selatan. Rempah ini memberikan citarasa asam yang khas serta warna pekat yang ada pada kuliner ini.

4.    Songkollo

Songkollo adalah makanan populer yang ada di kota ini. Terbuat dari ketan kukus yang diberi taburan serundeng manis atau kelapa parut serta ikan asin. Biasanya, penganan ini disantap sebagai menu sarapan masyarakat Makassar.

5.    Sarabba

Sarabba adalah minuman hangat asli Makassar. Minuman ini cocok diminum saat kondisi sedang dingin seperti musim hujan. Minuman ini mirip dengan minuman STMJ. Minuman ini terbuat dari susu atau santan, gula merah serta jahe.

6.    Cotto Makassar

Siapa yang tak mengenal kuliner ini. Sajian kuliner yang terbuat dari rebusan jeroan sapi dan daging sapi ini memang cukup nikmat. Terlebih lagi jika dimakan bersama ketupat. Mantap.

7.    Jalangkote

Jajanan ini adalah gorengan khas Makassar. Jika di Jawa, penganan ini disebut pastel. Atau di Manado disebut juga panada. Kulit dari Jalangkote ini cukup renyah. Isiannya pun mirip seperti pastel.

8.    Buroncong

Buroncong
Kuliner khas Makassar yang terakhir adalah Buroncong. Buroncong adalah kue yang terbuat dari terigu dan parutan kelapa. Mirip seperti kue pancong yang ada di Jakarta. Biasanya kue ini disajikan untuk teman minum teh atau kopi di pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar