Minggu, 25 Januari 2015

Pulau Gusung, Pulau Dengan Anugerah Pantai Cantik di Kepulauan Selayar

Pantai Liang Kareta di Pulau Gusung
Sulawesi Selatan, adalah salah satu pulau di Indonesia yang dianugerahi dengan pantai-pantainya yang cantik. Salah satu wisata pantai di Sulawesi Selatan yang menyajikan pemandangan cantik adalah pantai di Kepulauan Selayar atau tepatnya di Pulau Gusung.

Kepulauan Selayar sebenarnya merupakan kabupaten yang memiliki lebih dari 130 gugusan pulau. Tak heran jika kepulauan ini memiliki pantai-pantai yang cantik. Seperti Pantai Baloiya, Je’neiya, Pabadilang serta pantai-pantai lainnya. Namun yang menjadi salah satu wisata pantai di Sulawesi Selatan yang menjadi favorit di kepulauan ini adalah Pulau Gusung.

Pulau ini dianugerahi dengan pantai yang memiliki pasir putih yang terhampar luas dan panjang. Salah satu hal yang cukup unik adalah, pantai ini terkadang terpotong oleh gugusa karang sehingga membentuk pantai sendiri. Meskipun butuh perjuangan dan biaya cukup besar. Namun, Anda akan merasa puas saat bermain di pantai ini.

Untuk mencapai pulau ini, Anda harus menyewa perahu kecil yang mampu menampung hingga 15 orang yang disebut Joloro. Harga sewanya yaitu 350 ribu Rupiah dan dapat dipakai seharian. Anda bisa naik dari Kampung Padang atau dari Pasar Lama Benteng.

Perjalanan menuju pulau ini sekitar 1 jam jika tidak mampir terlebih dahulu ke titik untuk snorkeling. Puas melihat spot snorkeling, Anda baru bisa menjelajahi pantainya. Salah satu bagian dari pulau ini yang menarik adalah bagian barat pulau atau yang disebut juga dengan Pulau Pasi. Garis pantai pulau ini cukup indah. Anda bisa memilih pantai mana saja di pulau ini untuk menghabiskan hari.

Pantai-pantai yang cantik di pulau ini yaitu Pantai Malea, Timbula serta Liang Kareta. Pantai-pantai tersebut memiliki ciri khas berupa pantainya landai dan pasirnya yang putih. Ombaknya pun kecil, sehingga cocok untuk berenang.

Pantai yang eksotis dan wajib Anda kunjungi adalah Pantai Liang Kareta. Pantai ini memiliki ceruk sepanjang 200 meter dan dikelilingi tebing-tebing karang. Karena masih sepi, pantai ini membuat pantai ini terasa seperti milik pribadi.

Menginap di pantai ini juga cukup menarik. Anda bisa berkemah tanpa harus takut kurangnya fasilitas pendukung. Karena di Pulau Gusung ini telah terdapat fasilitas seperti air dan WC. Namun, untuk menikmati wisata pantai di Sulawesi Selatan ini, Anda harus membawa makanan serta minuman sendiri. Karena tidak adanya rumah penduduk di pulau ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar