Kamis, 26 Maret 2015

Ke Makassar? Yuk Ikuti Tradisi “Ngopi” Kota Ini

Warkop Daeng Anas
Kota yang terkenal dengan tradisi minum kopinya tidak hanya Aceh dan Belitong saja. Namun kota Makassar juga terkenal dengan banyaknya tempat untuk minum kopi. Tempat ngopi di Makassar tidak hanya berupa warung kopi yang besar. Ada pula warung kopi di pinggir jalan yang juga menawarkan citarasa kopi yang lezat.

Tak heran jika tempat ngopi di Makassar cukup banyak. hal tersbeut karena memang kopi merupakan hasil bumi dari Sulawesi Selatan. Terbukti dengan kopi kelas dunianya yang telah diekspor ke luar negeri yakni kopi dari Toraja dan Kalosi.

Beberapa warung kopi yang terkenal di kota ini seperti Warung Kopi Phoenam, Warung Kopi Dottoro, Warung Kopi Daeng Anas, serta Warung Kopi Daeng Sija. Kopi-kopi yang disajikan di warung kopi ini rata-rata adalah kopi Robusta dan Arabika yang telah dimasak sebelum disajikan.

Warung Kopi Phoenam dapat Anda temukan di Jalan Jampea, Jalan Boulevard dan Jalan Ratulangi. Warung kopi ini telah ada sejak tahun 1946. Warung kopi ini bahkan telah buka cabang di Jakarta Pusat. Selain menu kopi, warung kopi ini juga menawarkan menu lain seperti teh susu serta roti bakar selai kaya-nya yang melegenda.
Warung kopi lainnya yaitu Warung Kopi Dottoro. Warung kopi ini dirintis oleh H. Naba sejak tahun 1960-an. Nama dan arti warung kopi ini cukup unik. Dottoro sendiri merupakan adaptasi dari kata Dokter yang dibaca Dottoro bagi warga Makassar.

Tujuan penamaan warung kopi itu sendiri yaitu bermaksud untuk menyembuhkan kaum pria yang merasa jenuh jika berdiam diri di rumah. Warung kopi ini dapat Anda temui di Jalan Tinumbu, Jalan Satando, Jalan Pattimura serta Jalan Veteran. Banyak orang yang datang ke warung kopi ini. mulai dari rakyat biasa hingga kalangan elit.

Warung Kopi Daeng Sija juga merupakan salah satu warung kopi yang populer di Makassar. Pemilik warung kopi ini bahkan merupakan kerabat dari H. Naba yang memiliki Warung Kopi Dottoro. Kopi daru warung kopi ini dapat Anda nikmati dengan mengunjungi Jalan Boulevard dan Jalan Labu.

Di Jalan Pelita Raya juga terdapat warung kopi yang terkenal enak. Yaitu Warung Kopi Daeng Anas. Warung kopi ini selalu ramai dari pagi hingga petang hari. Kopi yang disajikan merupakan kopi hasil racikan dari Daeng Anas sendiri.

Warung kopi langganan dari pejabat daerah ini memang terkenal nikmat. Campuran racikan gilingan kopi Arabika dan Robusta memang menjadi keahlian dari sang pemilik. Tempat ngopi di Makassar ini dapat Anda nikmati dengan mendatangi Jalan AP Pettarani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar