Selasa, 03 Maret 2015

Yuk Cicipi 7 Kuliner Khas Makassar Ini!

Pallubasa
Makassar adalah salah satu kota yang terkenal dengan berbagai tempat wisata kulinernya. Ada banyak kuliner khas Makassar yang wajib Anda cicipi saat berada di kota ini. Bahkan, tak hanya warga aslinya saja yang kangen dengan aneka kuliner tersebut. Banyak wisatawan yang juga rindu akan kelezatan dari kuliner tersebut.

Lalu, apa saja kuliner khas Makassar yang bisa membuat banyak orang rindu akan kelezatannya? Berikut adalah 7 diantaranya.

1.    Pisang ijo

Salah satu dessert yang terkenal di Makassar adalah es pisang ijo. Es dengan campuran bubur sumsum, pisang yang dibungkus dengan lapisan berwarna hijau serta siraman sirup ini begitu menyegarkan saat disantap pada cuaca terik. Belum lengkap rasanya jika belum mencicipi es pisang ijo di kota asalnya.

2.    Es Pallu butung

Selain menu es pisang ijo, salah satu dessert yang terkenal di Makassar adalah es pallu butung. Olahannya pun mirip seperti es pisang ijo yaitu terbuat dari pisang. Namun, jika es pisang ijo terkenal dengan warna hijau pelapis pisangnya. Pada es pallu butung ini Anda tidak menemukan lapisan dadar berwarna hijau. Sekali mencoba dijamin akan ketagihan.

3.    Coto Makassar

Siapa yang tak mengenal kuliner khas Makassar yang satu ini. Kuah gurihnya begitu terasa hangat saat disantap. Biasanya, menu ini disajikan dengan ketupat. Anda bisa memilih antara coto daging, paru ataupun campur. Rasanya? Sama-sama lezatnya.

4.    Pisang epe

Camilan ini paling mudah Anda temukan di Pantai Losari. Pisang epe mirip seperti pisang bakar. Hanya saja, pisang tersebut dibakar dengan cara dijepit menggunakan alat hingga pipih. Untuk menambah kelezatan, Anda bisa menambahkan topping sesuai selera. Seperti cokelat, keju bahkan durian.

5.    Mie titi

Makanan ini mirip seperti i fu mie. Yaitu mie kering yang disiram dengan kuah kental mirip cap cay. Hanya saja, yang membedakan adalah mie serta bumbu yang digunakan. Mie titi menggunakan mie yang lebih tipis dibandingkan mie yang digunakan untuk i fu mie. Rasanya pun cukup lezat. Tak heran banyak yang tak bisa melupakan kelezatannya.

6.    Pallubasa

Menu ini juga adalah menu berkuah layaknya coto Makassar. Olahan dari daging sapi ini memiliki ciri khas dari citarasanya karena diberi campuran kelapa goreng. Ada beberapa orang yang bahkan mencampur kuliner ini dengan kuning telur mentah. Untuk mencicipi pallubasa yang lezat, Anda bisa makan di warung makan pallubasa di Jalan Serigala.

7.    Sop Konro & Konro Bakar Karebosi

Wisata kuliner yang terakhir saat berada di Makassar adalah mencicipi sop konro dan konro bakar. Sop konro yang menjadi salah satu menu andalan dari warga Makassar ini adalah sajian olahan daging sapi dengan kuah sup. Kuahnya yang menyegarkan sangat nikmat jika disantap saat musim hujan.

Jika ingin menu yang lain, cobalah konro bakar. Menu yang terbuat dari daging iga sapi pilihan ini dipanggang dengan racikan bumbu kacang khas Makassar. Jika Anda ingin mencicipinya, maka coba mampir ke Warung Sop Konro milik Haji Hanafi yang letaknya tak jauh dari Lapangan Karebosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar